Screen Printing Pada Clodi Iconic Kids

Hari ini kami akan membahas mengenai beberapa jenis tinta screen printing yang sering kami gunakan.

Kami memilih menggunakan jenis CAT WATERBASE, berbasis air dan ramah lingkungan, seperti:

CAT RUBBER:
Tinta ini digunakan khusus untuk sablon diatas kain gelap. Sebab tinta ini bersifat pekat, dapat menutup permukaan warna kain dengan baik. Tinta rubber umumnya digunakan untuk underbase, underbase sendiri difungsingkan sebagai penutup warna kain sebelum penyablonan warna-warna diatasnya.
Contoh: I'm Hero, I'm Legend, Soccer Mania, dll

CAT PUFF/TIMBUL:
Tinta ini terdapat pada kedua jenis tinta baik underbase (basis air) maupun plastisol (basis minyak). Tinta ini memerlukan pemanasan yang akan mengakibatkan tinta ini mengembang dengan efek timbul.
Contoh: I'm Legend Beatles, I'm Legend Ramones

CAT GLITERS:
Kerlap – kerlip di baju, penggunaan gliters dapat menghasilkan efek yang unik. Sebenarnya bukan termasuk jenis tinta sablon,
karena gliters adalah partikel - partkel plastik kecil ( dalam ukuran micron ) yang memiliki aneka jenis warna dan efek yang dapat dihasilkan
Untuk menggunakannya anda perlu perekat ( lem ) yang tepat untuk bahan / media yang ingin anda sablon.
Contoh: I'm Legend Metallica, I'm Legend Wonder Woman, dll

CAT TRANSPARAN:
Umumnya disebut dengan coating, karena dapat difungsikan sebagai pelapisan hasil sablon, sehingga hasil sablon lebih cemerlang atau mengkilap. Tinta ini memiliki bentuk seperti tinta extender yang transparan, tetapi memiliki kandungan yang lebih kuat atau lebih keras. Tinta ini baik sekali untuk teknik penyablonan separasi empat warna dengan terlebih dahulu memberikan rubber white pada permukaan bahannya.
Contoh: I'm Legend Metallica, I'm Hero wonder woman

CAT EXTENDER:
Tinta in bersifat transparan, hanya cocok untuk penggunaan diatas bahan putih atau bahan-bahan berwarna terang. Sifat dari cat ini adalah menyatu/menyerap pada bahan. Biasanya utk beberapa kali pencucian pertama akan mengalami sedikit pemudaran.
Contoh: Rossie & Tutu Rossie

FOIL TRANSFER:
Aluminium foil dalam bentuk lembaran seperti kertas. Selain warna silver dan gold, foil juga tersedia dalam macam warna dan motif. Untuk media tempelnya foil ini membutuhkan lem khusus.
Contoh: I'm Hero Transformer

Semua jenis cat yg kami gunakan tersebut, hanyalah sebagian kecil dari beragam tehnik dan tinta dari screen printing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar